Tentang HTML


Definisi HTML

HTML merupakan kependekan dari Hyper Text Markup Language. Biasa HTML ini digi=unakan sebagai pondasi atau pembentuk dari suatu aplikasi web. pengerjaan file HTML dapat dilakukan sembarang, dalam arti dapat menggunakan editor apa saja, misalnya dreamwever, notepad++ dan masih banyak lagi. untuk menciptakan file HTML, setidaknyya ada dua macam extensi yang dapat kita gunakan, diantaranya .htm dan .html.


Sejarah HTML


Sejarah html berawal pada tahun 1980 ketika IBM berniat membuat bahasa kode untuk menggabungkan teks dengan perintah pemformatan agar mengenali elemen dokumen. Bahasa yang menggunakan tanda-tanda ini dinamakan markup language, sedangkan IBM memberinya nama Generalized Markup Language (GML).
Namun pada tahun 1986, ISO mengeluarkan standarisasi bahasa markup berdasarkan GML dengan nama Standard Generalized Markup Language (SGML). Bahasa SGML ini kemudian banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan.

Pada tahun 1989, Caillau Tim bekerja sama dengan Barners Lee Robert, ketika mereka bekerja di CERN, sebuah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa, mencoba mengembangkan SGML. Dari merekalah lahir HTML atau hyper text markup language, yang digunakan untuk membuat halaman website. HTML dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic.

Sejak tahun 1990, bahasa pemformatan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apalagi sejak tahun 1996, World Wide Web Consortium (W3C) turut mengembangkan html dan mengeluarkan versi html 3.2. Sejak saat itu, html digunakan sebagai bahasa standar internet yang dikendalikan penggunaannya oleh W3C.

Struktur Dasar HTML

Secara umum, dokumen web dibagi menjadi 2 bagian, yaitu head dan body, sehingga setiap dokumen html harus mempunyai pola dasar sebagai berikut.

<html>
<head>
        informasi tentang dokumen HTML
</head>
<body>
        bagian informasi yang ditampilkan dalam web browser
</body>
</html>

Setiap dokumen html harus diawali dengan perintah tag <html> dan diakhiri tab </html>. tag tersebut mengartikan kita hendak mengerjakan suatu dokumen html.

Pada bagian head berisi tentang dokumen html, misalnya judul dokumen yang nanti akan ditampilkan pada bagian pojok atas kiri browser melalui tag <title> ..... </title> . cara menggunakannya seperti struktur berikut.

<head>
      <title> judul dokumen </title>
</head>

kemudian bagian body merupakan tempat untuk menampilakn informasi yang akan ditampilkan pada jendela web browser. bagian ini ditandai dengan tag <body> dan diakhiri dengan tag </body>.